PERTEMUAN 8


USER EXPERIENCE

User Experience atau lebih dikenal dengan sebutan UX adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam pembuatan User Experience, yaitu sebagai berikut:
  1. LearnabilityLearnability dapat dilihat dari seberapa mudah sebuah produk atau system dapat dipelajari pada saat awal digunakan oleh user itu sendiri.
  2. Efficiency:  Efficiency dapat dilihat dari seberapa cepat teknologi tersebut saat menyelesaikan tugasnya atau seberapa cepat user dapat menyelesaikan masing-masing user goal. Contohnya website tokopedia.com dimana menjadi wadah bagi para penjual untuk menjual dagangannya dengan mudah dan praktis tetapi apakah sama halnya dengan pembeli? Pembeli akan merasa tokopedia.com efisien ketika barang yang dicarinya tersedia sesuai keinginan dan harga yang sesuai, tetapi jika barang yang dicari tidak tersedia maka tokopedia tidak efisien. Oleh sebab itu tokopedia.com harus bisa menarik berbagai macam penjual untuk bisa selalu menjadi efisien.
  3. Memorabilityadalah kemampuan usability untuk menjadi top of mind pengguna. Pada saat user menggunakan kembali produk atau system tersebut user dapat dengan mudah mengingat cara penggunaan dari produk tersebut atau cara penggunaan dari system tersebut.
  4. Errors handling: Seberapa banyak kesalahan yang pengguna buat dalam menggunakan teknologi tersebut, erorr yang pengguna buat ,dan seberapa berat kesalahan tersebut serta bagaimana website membantu user dalam erorr yang dihadapinya. Contoh ketika menggunakan email terkadang user sering salah dalam memasukan password atau email. Disini dilihat apakah teknologi tersebut bisa membantu pengguna dalam menyelesaikan masalahnya dengan cepat atau apakah pengguna tahu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut atau tidak.
  5. User Satisfaction:  adalah kenyamanan user dalam menggunakan desain tersebut serta dapat membuat user tersebut merekomendasikan kepada user lainnya. Contoh membuat website online shop untuk para remaja, tentu saja desain yang digunakan harus bersifat up to date dengan warna – warna cerah dan menjual baju-baju yang sesuai dengan segmentasinya. Sehingga user merasa puas dan senang ketika mengunjungi website tersebut  dan dapat memberikan pengalaman menarik ketika berbelanja serta merekomendasikannya kepada user lainnya. Ketika akan memplaning usability dalam user experience, kita perlu untuk memahami user dan apa yang mereka coba untuk selesaikan. (William Albert, 2013) usability sendiri dibutuhkan oleh sebuah produk untuk membantu user dalam mengakses atau menjalankan sebuah produk dengan nyaman dan mudah digunakan.

Komentar