Communication Diagram adalah diagram yang memodelkan interaksi antara objek atau bagian dalam hal pesan berurutan. Diagram komunikasi mewakili kombinasi informasi yang diambil dari Class Diagram, Sequence, dan Use Case yang menggambarkan struktur statis dan perilaku dinamis suatu sistem.

Namun, Communication Diagram menggunakan bentuk bebas dari objek dan link seperti yang digunakan dalam diagram Objek. Untuk menjaga pemesanan pesan dalam diagram formulir bebas semacam itu, pesan diberi label dengan nomor kronologis dan ditempatkan di dekat tautan pesan dikirim. Membaca diagram ini melibatkan mulai dari pesan 1.0, dan mengikuti pesan dari objek ke objek.
Diagram komunikasi menunjukkan banyak informasi yang sama seperti sequence diagram, namun karena bagaimana informasi disajikan, beberapa di antaranya lebih mudah ditemukan dalam satu diagram daripada diagram lainnya. Letak perbedaan anatar Communication Diagram dengan Sequence Diagaram adalah, diagram komunikasi menunjukkan elemen mana yang berinteraksi satu sama lain dengan lebih baik, namun Sequence diagram menunjukkan urutan interaksi berlangsung dengan lebih jelas.
Communication Diagram

Komentar