SISTEM DAN UML
Pada kesempatan ini saya akan
membahas atau mereview sedikit materi mengenai SISTEM dan UML.
Berikut di bawah ini adalah penjelasannya:
SISTEM
Sistem adalah sekumpulan elemen
yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama
untuk mencapai suatu tujuan. Masing-masing elemen yang berbeda tersebut bersatu
sesuai dengan peran mereka masing-masing demi mencapai suatu tujuan.
Gambaran Sebuah Sistem
UML (Unified Modeling Language)
UML adalah sekumpulan alat yang
digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak
berbasis objek. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan
aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi
biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan
penelusuran dan mempelajari kode program. UML juga dapat menjadi alat bantu
untuk transfer ilmu tentang sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan dari
satu developer ke developer lainya. Tidak hanya antar developer terhadap orang
bisnis dan siapapun dapat memahami sebuah sistem dengan adanya UML
UML diciptakan oleh Object
Management Group yang diawali dengan versi 1.0 pada Januari 1997. Dalam
pengembangan berorientasi objek ada beberapa prinsip yang harus dikenal:
Object
Class
Abstraction
Encapsulation
Inheritance
Polymorphism
Dalam UML sendiri terdapat beberapa
diagram yang wajib dikuasai yaitu:
Structural Diagram
- Class Diagram, diagram ini terdiri
dari class, interface, association, dan collaboration.
Diagram ini menggambarkan objek-objek yang ada di sistem.
- Object Diagram, diagram ini
menggambarkan hasil instansi dari class diagram. Diagram ini digunakan
untuk membuat prototype
- Component Diagram, diagram ini
menggambarkan kumpulan komponen dan hubungan antar komponen. Komponen terdiri
dari class, interface, atau collaboration
- Deployment Diagram, diagram ini
menggambarkan kumpulan node dan hubungan antar node. Node adalah
entitas fisik dimana komponen di-deploy. Entitas fisik ini dapat berupa server atau
perangkat keras lainnya.
Behavioral Diagram
- Use case Diagram, diagram ini
menggambarkan kumpulan use case, aktor, dan hubungan mereka. Use case adalah
hubungan antara fungsionalitas sistem dengan aktor internal/eksternal dari
sistem.
- Sequence Diagram, diagram ini
menggambarkan interaksi yang menjelaskan bagaimana pesan mengalir dari objek ke
objek lainnya.
- Collaboration Diagram, diagram ini
merupakan bentuk lain dari sequence diagram. Diagram ini menggambarkan
struktur organisasi dari sistem dengan pesan yang diterima dan dikirim.
- Statechart Diagram, diagram ini
menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari
dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan
keadaan sistem.
- Activity Diagram, menggambarkan
aliran kontrol sistem. Diagram ini digunakan untuk melihat bagaimana sistem
bekerja ketika dieksekusi.
Komentar
Posting Komentar